Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta sebagai berikut:

Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta


Tentang Politeknik APP

Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) adalah salah satu perguruan tinggi milik pemerintah di bawah pengelolaan Kementerian Perindustrian. Akademi Pimpinan Perusahaan merupakan perguruan tinggi perintis Manajemen Industri di Indonesia. Akademi Pemimpin Perusahaan disingkat APP didirikan tahun 1957 (pengesahan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 488 / TU, tanggal : 15 Januari 1959). Jurusan yang dibuka sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu yaitu Mekanik dan Kimia. Hari jadi Akademi Pimpinan Perusahaan diperingati setiap tanggal 22 September. Sejarah APP secara singkat dapat dilihat sebagai berikut:

  • 1960, jurusan diubah menjadi Teknik Industri dan dibuka pula Jurusan Umum Kepemimpinan.
  • 1963, seluruh jurusan dilebur menjadi satu yaitu Jurusan Industrial Manajemen.
  • 1968, dibentuk Pusat APP dengan membawahi 4 (empat) Akademi, yaitu APP (Akademi Pimpinan Perusahaan), ATP (Akademi Teknik Perusahaan), AEP (Akademi Ekonomi Perusahaan) dan AAP (Akademi Akuntansi Perusahaan).
  • 1973, kembali dilakukan perubahan dimana Jurusan Pimpinan diubah menjadi Jurusan Personalia, Jurusan Teknik Perusahaan diubah menjadi Jurusan Produksi, Jurusan Ekonomi diubah menjadi Jurusan Pemasaran, dan Jurusan Akuntansi diubah menjadi Jurusan Pembelanjaan.
  • 1983, APP mulai menyelenggarakan pendidikan Program Diploma III (D.III) Jurusan Manajemen Industri dengan empat Program Studi (Prodi) meliputi: Prodi Manajemen Personalia, Prodi Manajemen Produksi, Prodi Manajemen Pemasaran, dan Prodi Manajemen Keuangan.
  • 1997, membuka Prodi Perdagangan Internasional.
  • 2014, bekerjasama dengan ASPERINDO menyelenggarakan D1 Distribusi Pengiriman.
  • 2014, APP berubah menjadi Politeknik APP Jakarta yang memiliki kekhasan dibidang logistik khususnya industri elektronika dan membuka 3 Program Studi baru yaitu, Manajemen Logistik Industri Elektronika, Manajemen Pemasaran Industri Elektronika dan Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT.

front_pmb

Keunggulan Komparatif

APP yang menyelenggarakan Program D3 Jalur Vokasi mempunyai beberapa keunggulan komparatif jika dibandingkan dengan jenjang pendidikan Sarjana (S1) yaitu :

  1. Waktu perkuliahan lebih singkat.
  2. Mudah mencari pekerjaan karena jumlah lulusan Program D3 lebih banyak dibutuhkan daripada lulusan sarjana (S1).
  3. Biaya relatif lebih murah dibandingkan dengan sarjana (S1).
  4. Tidak merepotkan orang tua, karena dapat cepat bekerja dan dengan biaya sendiri dapat melanjutkan ke jenjang Sarjana (S1).

Dalam struktur ketenagakerjaan nasional, kebutuhan tenaga kerja di tingkat ahli madya (D III) tentunya jauh lebih banyak dibutuhkan daripada lulusan sarjana (S1) karena faktor-faktor berikut :

  1. Jumlah lapangan pekerjaan khususnya di level pelaksana tingkat menengah (supervisor) lebih banyak dibutuhkan dibandingkan dengan tingkat atas.
  2. Tidak mungkin perusahaan merekrut staf seluruhnya dari S1, tetapi akan lebih banyak dari D-III atau SMA.
  3. Lebih baik dibandingkan dengan lulusan SMA dan relatif dapat bersaing dengan Sarjana (S1).
  4. Lulusan D-III mempunyai semangat juang yang lebih tinggi, pantang menyerah, dan tidak pilih-pilih dibandingkan dengan lulusan S1 yang manja, gengsian, banyak menuntut fasilitas dan mudah cepat berpindah tempat kerja.

Keunggulan Kompetitif

  1. Pada awal perkuliahan mahasiswa diberikan pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) yang merupakan bentuk pelatihan untuk meningkatkan motivasi berprestasi.
  2. Mahasiswa pada semester VI (semester akhir) mendapat pembekalan materi Studium Generale yang terdiri dari : Plant Visit (Kunjungan Pabrik), Diskusi, Seminar, Business Game (Permainan/Simulasi Bisnis), pelatihan kewirausahaan model CEFE (Creation of Enterprises through Formation of Entrepreneurs) dan Kerja Praktek/magang di perusahaan.
  3. Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  4. Pemberian informasi lowongan kerja melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta nasional, swasta asing dan BUMN. Informasi lowongan kerja didasarkan pada permintaan perusahaan-perusahaan tersebut terhadap para mahasiswa dan alumni APP.

PROGRAM STUDI

  • Manajemen Pemasaran
  • Industri Elektronika
  • Manajemen Logistik
  • Industri Elektronika
  • Perdagangan Internasional
  • Kawasan ASEAN dan RRT
  • Distribusi dan Pengiriman
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan
  • Perdagangan Internasional

Alamat Kampus

Politeknik APP Jakarta
Jl. Timbul No. 34, Ciganjur – Jagakarsa
Jakarta Selatan 12630
Tel: (021) 7867382
Email: info@poltekapp.ac.id

Website: http://www.poltekapp.ac.id/

164 total views, 1 views today

TAG

sekolah tinggi pimpinan perusahaan jakarta

Demikian kami sampaikan tentang Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta semoga informasi tentang Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta ini bermanfaat.