[beasiswa] [oot] Pengumuman Beasiswa Pelatihan Rifka Annisa 11-13 Januari 2011

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang [beasiswa] [oot] Pengumuman Beasiswa Pelatihan Rifka Annisa 11-13 Januari 2011 sebagai berikut:

[beasiswa] [oot] Pengumuman Beasiswa Pelatihan Rifka Annisa 11-13 Januari 2011


Dear teman-teman,

Berikut kami sampaikan pengumuman beasiswa pelatihan Rifka Annisa Yogyakarta. Mohon disebarluaskan dan semoga bermanfaat. Maaf kalau doble posting.

Salam,

Titin, Rifka Annisa

Program Beasiswa Rifka Annisa Yogyakarta
Pelatihan Tingkat Nasional
Advokasi untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan
Selasa – Kamis, 11 – 13 Januari 2011

Latar Belakang
Rifka Annisa Research and Training Center (RA-RTC) adalah lembaga di bawah Federasi Rifka Annisa Yogyakarta. Rifka Annisa Research and Training Center mempunyai komitmen untuk membangun kapasitas sumberdaya manusia dalam upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Pengalaman lebih dari lima belas tahun mendampingi perempuan korban kekerasan di Yogyakarta telah melahirkan pengetahuan dan keahlian yang unik tentang bagaimana bekerja langsung dengan perempuan korban kekerasan serta melakukan upaya-upaya lain dalam kerangka advokasi isu kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Pengetahuan dan keahlian yang unik ini melahirkan modul-modul pelatihan, desain-desain asistensi teknis dan assesment serta riset-riset aksi.
Mengawali tahun baru 2011, Rifka Annisa kembali menyelenggarakan program beasiswa tingkat nasional dengan tema Advokasi untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan. Tema pelatihan dipilih mengingat data kasus kekerasan terhadap perempuan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Data dari Komnas Perempuan tahun 2009 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan sebesar 263% atau 143.586 dibanding tahun lalu yakni sebesar 54.425. Menurut Komnas Perempuan angka ini tidak semata-mata menunjukkan meningkatnya kasus kekerasan di lapangan tetapi juga meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan kekerasan yang dialaminya. Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh adanya kemudahan untuk mengakses data di Pengadilan Agama sebagai implementasi dari Keputusan Mahkamah Agung tentang Keterbukaan Informasi di Lingkungan Pengadilan. Di tingkat kebijakan sejumlah terobosan telah dilakukan oleh pemerintah diantaranya Amandemen UU Kesehatan
yang mengakui hak-hak reproduksi perempuan, Peraturan Kapolri tentang Penerapan Standar Hak Asasi Manusia dalam pelaksanaan tugas kepolisian, juga MOU antar 5 lembaga negara dalam upaya perlindungan saksi dan korban. Selain itu diketahui bahwa semakin banyak lembaga negara yang menggunakan UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga untuk penanganan kasus khususnya Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama.
Namun demikian, kekerasan terhadap perempuan adalah fenomena gunung es, Rifka Annisa meyakini bahwa banyak perempuan korban kekerasan yang bungkam atau enggan melaporkan kasusnya karena penanganan korban baik dari aspek hukum, sosial, ekonomi maupun kebijakan institusi belum terbangun dengan baik. Masih sering ditemui para perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga, pengabaian hak-hak politik perempuan dalam ranah negara, kekerasan terhadap perempuan pekerja migran, tidak adanya jaminan hak asasi manusia bagi para pembela HAM, konflik sumberdaya alam yang banyak merugikan perempuan, perkawinan yang tidak dicatatkan, kebijakan daerah yang diskriminatif, terbatasnya akses perempun terhadap keadilan, layanan kesehatan dan pendidikan, kekerasan yang dilakukan oleh pejabat publik sampai kekerasan yang dilakukan oleh media.. Karena itulah diperlukan suatu bentuk advokasi bersama untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan.
Program pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan, keahlian dan ketrampilan peserta dalam hal advokasi untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Dengan pelatihan ini diharapkan semakin banyak orang yang mempunyai pengetahuan, kepedulian, kesadaran kritis dan aksi nyata untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan. Pelatihan ini menggunakan metode yang sangat praktis sehingga pada akhir pelatihan, peserta dapat mengimplementasikannya dalam kerja-kerja penghapusan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.
Materi Pelatihan:
1. Gender dan Kekerasan terhadap Perempuan
2. Pengantar Advokasi
3. Analisa Kekuatan
4. Pengorganisasian Masyarakat
5. Strategi Jaringan
6. Media dan Komunikasi
7. Praktikum
8. Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut

Tanggal pelaksanaan: Selasa – Kamis, 11 – 13 Januari 2011
Tempat : Rifka Annisa, Guest House and Training Center, Jl. Jambon IV Komplek Jatimulyo Indah Yogyakarta, Telp. 0274-553333

Jenis Beasiswa:
1. Beasiswa penuh sebanyak 10 (sepuluh); Peserta akan ditanggung semua fasilitas pelatihan, uang saku, transportasi pesawat kelas ekonomi PP serta transport lokal.
2. Beasiswa setengah penuh sebanyak 15 (limabelas): Peserta akan ditanggung semua fasilitas pelatihan dan mendapatkan uang saku. Peserta diharapkan untuk mengupayakan sendiri biaya transportasinya.
Fasilitas Pelatihan:
– Fasilitator ahli
– Training kit
– Penginapan yang asri
– Ruang pertemuan yang nyaman
– Konsumsi (3x makan, 2x snak)
– Sertifikat pelatihan bagi peserta yang mengikuti pelatihan secara penuh

Syarat peserta:
1. Mempunyai kepedulian terhadap upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan
2. Telah bekerja untuk pendampingan perempuan korban kekerasan minimal 1 tahun
3. Diutamakan berasal dari lembaga yang menyediakan layanan untuk pendampingan perempuan korban kekerasan dari berbagai daerah di Indonesia, membutuhkan penguatan kapasitas tetapi tidak cukup dalam hal pendanaan
4. Bersedia untuk menularkan pengetahuan dan ketrampilan yang didapat selama pelatihan kepada lembaga yang mengutus dan lingkungan terdekatnya
5. Bersedia mengikuti kegiatan pelatihan secara penuh
6. Mengisi formulir pendaftaran
7. Melampirkan bukti identitas diri
8. Melampirkan surat rekomendasi dari lembaga yang mengutus

Bagi Anda yang berminat dengan program ini silakan mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran dan surat rekomendasi yang dapat diperoleh di website Rifka Annisa www.rifka-annisa.or.id. Formulir pendaftaran dengan subyek BeasiswaAdvokasiPerempuan disertai lampiran identitas diri dan lampiran surat rekomendasi dari lembaga yang bersangkutan diterima paling lambat tanggal 22 Desember 2010. Formulir pendaftaran dan surat rekomendasi dapat juga dikirimkan melalui fax: 0274-553333 atau email rifka@rifka-annisa.or.id cc rifkaannisa_rtc@hotmail.com. Panitia akan melakukan seleksi untuk setiap formulir yang masuk dan peserta yang lolos seleksi akan dihubungi secara langsung pada tanggal 31 Desember 2010. Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi tim beasiswa pelatihan nasional Rifka Annisa RTC Yogyakarta cp Tiwuk Lejar Sayekti dengan alamat seperti tercantum dibawah ini.

Salam hangat,

Titin Murtakhamah
Koordinator Program Beasiswa Pelatihan Nasional
Rifka Annisa RTC, Jl. Jambon IV Komplek Jatimulyo Indah Yogyakarta
Telp/Fax: 0274-553333, 0274-8396683
Email: rifka@rifka-annisa.or.id; cc rifkaannisa_rtc@hotmail.com

Formulir Pendaftaran Program Beasiswa Pelatihan Nasional
Advokasi untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan
Rifka Annisa Research and Training Center Yogyakarta
Tanggal 11 – 13 Januari 2011
Nama
Lembaga
Alamat
Email
Telp/Fax
No ID
HP
Mohon secara singkat untuk mendeskripsikan diri Anda sendiri!

Terkait dengan pendampingan perempuan korban kekerasan, pelatihan apa saja yang pernah Anda ikuti?

Mohon untuk mendeskripsikan pekerjaan pendampingan yang selama ini telah Anda lakukan!

Apa tantangan yang Anda rasakah paling berat dalam advokasi penghapusan kekerasan terhadap perempuan?

Sejak kapan lembaga Anda berdiri dan apa saja lingkup kegiatan yang dilakukan oleh lembaga Anda?
Siapa saja yang selama ini mendanai kegiatan-kegiatan untuk advokasi penghapusan kekerasan terhadap perempuan di lembaga Anda?

Apa rencana Anda setelah mengikuti pelatihan ini bagi pengembangan lembaga Anda ke depan?

Format Surat Rekomendasi
Yang bertanda tangan di bawah ini
Nama :
Lembaga :
Jabatan/Posisi :
Alamat :
Email :
No Telp/HP :

Merekomendasikan
Nama :
Lembaga :
Jabatan/Posisi :
Alamat :
Email :
No Telp/HP :

Untuk mengikuti Pelatihan Paralegal untuk Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan yang diselenggarakan oleh Rifka Annisa Research and Training Center Yogyakarta pada tanggal 11 – 13 Januari 2011.
Alasan lembaga merekomendasikan yang bersangkutan adalah:

Rencana lembaga terkait dengan pelatihan yang diikuti oleh yang bersangkutan adalah:

Demikian surat rekomendasi ini kami sampaikan untuk dapat digunakan seperlunya. Terimakasih

……., ….., Desember 2010
Tandatangan, nama terang dan stempel lembaga

————————————

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ – ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
beasiswa-digest@yahoogroups.com
beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

25 total views, 1 views today

Demikian kami sampaikan tentang [beasiswa] [oot] Pengumuman Beasiswa Pelatihan Rifka Annisa 11-13 Januari 2011 semoga informasi tentang [beasiswa] [oot] Pengumuman Beasiswa Pelatihan Rifka Annisa 11-13 Januari 2011 ini bermanfaat.