[beasiswa] Re: [butuh info] TIPS MEMBUAT SURAT REKOMENDASI

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang [beasiswa] Re: [butuh info] TIPS MEMBUAT SURAT REKOMENDASI sebagai berikut:

[beasiswa] Re: [butuh info] TIPS MEMBUAT SURAT REKOMENDASI


Setahu saya surat rekomendasi diberikan oleh orang yg sangat mengenali kemampuan (termasuk kekurangan) kita secara objective dan fair. Jadi ide membuat surat rekomendasi sebanyak 9 buah dalam pengertian saya adalah anda punya 9 orang yg kredibel utk menilai anda. Ini menurut saya jarang terjadi, biasanya orang hanya punya 3-4 orang utk diminta surat rekomendasi kecuali anda sudah bertahun2 bekerja atau berkolaborasi di institusi riset. Misalnya anda S1, maka orang2 yg bisa diminta rekomendasi utk S2 misalnya, Supervisor tugas akhir anda, ketua jurusan anda, dan/atau bos anda wktu anda bekerja. Mereka lah yg mengenal karakter anda dan menurut saya bisa memberikan surat rekomendasi. Tidak fair jg kalau kita minta orang yg kita tau , tp tidak mengenal kita secara baik.

Kalau saran saya, tentukan saja 3 orang pemberi rekomendasi (bisa dosen, bisa ex-bos) dan minta mereka buat surat rekomendasi yg general (khan formatnya jg tidak ditentukan oleh EM nya tho?). Usul saya ada plus minusnya, plus nya anda tidak perlu buat 9 buah surat anda hanya perlu buat 3, dan surat ini bisa anda bawa terus hingga jenjang karier manapun, minusnya, tdk secara detail meng-address kemampuan yg diminta oleh jurusan S2 nya misalnya jurusan biotech minta anda punya pengalaman di lab, mungkin surat rekomendasi general ini tidak menyebutkan hal tersebut.

Template surat rekomendasi bisa cari di internet, umumnya terdiri dari 3 bagian, yg pertama, dimana si pemberi surat mengenal si peminta surat (dan jg rentang waktunya). Kedua, hal2 yg positif ttg si peminta surat, dan jg sedikit kekurangannya (biar fair). Dan bagian ketiga, meng-endorse , recommend kemampuan si peminta surat utk mendapatkan beasiswa/kuliah.

Saya kira surat rekomendasi itu bukan cover letter / motivation letter, jd kalau anda minta surat rekomendasi yg “menyentuh” dlm pemahaman saya, anda minta “penilaian kemampuan diri yg membuat orang iba atau kasihan pada anda” 🙂 ; Saya kira bukan itu khan maksud anda? Surat rekomendasi fokus pada penilaian kemampuan, dan pemberian kepercayaan (assessment and trust) dari orang2 yg pernah bekerja dengan anda.

Semoga membantu.

— In beasiswa@yahoogroups.com, “Ellen” wrote:

>

> Dear All. Untuk beasiswa EM kita kan bisa memilih tiga program dan kebetulan ada tiga program yang sesuai dengan bidang S1 saya. nah kalau di IPB, biasanya mhs yang buat draft surat rekomendasi, baru diperiksa dan ditandatangani oleh dosen. Tiap uni umumnya minta 3 surat sehingga totallnya kan saya harus buat 9 surat rekomendasi. Point apa yang harus kita masukkan untuk membuat surat rekomendasi yang baik dan “menyentuh”??.Apa tips untuk membuat surat rekomendasi yang banyak seperti ini (9 buah) Thanks you in advance for sharing your valuable time to read and respond this inquiry. Have a nice day. Smile

>

————————————

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ – ADS:

http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:

http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?

Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:

Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

beasiswa-digest@yahoogroups.com

beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:

beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

15 total views, 1 views today

Demikian kami sampaikan tentang [beasiswa] Re: [butuh info] TIPS MEMBUAT SURAT REKOMENDASI semoga informasi tentang [beasiswa] Re: [butuh info] TIPS MEMBUAT SURAT REKOMENDASI ini bermanfaat.