Universitas Islam Attahiriyah UNIAT

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang Universitas Islam Attahiriyah UNIAT sebagai berikut:

Universitas Islam Attahiriyah UNIAT


Attahariyah

Universitas Islam Attahiriyah yang biasa disingkat dengan “UNIAT” merupakan salah satu lembaga formal yang didirikan pada Tahun 1969 yang berada di bawah Yayasan Addiniyah Attahiriyah. Dalam Bahasa Arab UNIAT memiliki arti yang diperhatikan oleh penyelenggara, oleh pelaksana dan oleh generasi penerusnya.

UNIAT merupakan pengembangan dari kursus-kursus Lembaga Bahasa Arab, Dakwah dan Pendidikan Agama Islam yang didirikan dan dikelola oleh KH. M. Thahir Rohily pada tahun 1951. Sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Departemen Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Perguruan Tinggi Agama Nomor: Dp/I/PTA/3/82/852/1969 tanggal 9 Juli 1969 UNIAT membuka 3 (tiga) fakultas yaitu : Fakultas Adab, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Syari’ah.

Keberadaan UNIAT sebagai lembaga pendidikan tinggi semakin hari dirasakan semakin mempunyai arti dalam kerangka Pendidikan Nasional baik itu dari segi kuantitas maupun kualitas pembinaannya, sehingga semakin dirasakan perlu untuk membuka beberapa Fakultas dan Jurusan yang mencakup berbagai aspek kehidupan manusia dan perkembangan Agama Islam. Dalam rangka itulah pada Tahun Akademik 1987/1988 UNIAT membuka 4 (empat) Fakultas guna mendukung Fakultas yang telah ada sebelumnya. Sehingga pada Tahun Akademik 1987/1988 UNIAT memiliki 8 (delapan) Fakultas antara lain : Fakultas Adab, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syari’ah, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

Dalam penyelenggaraan pendidikan dari 8 (delapan) Fakultas tersebut empat diantaranya berada dalam bimbingan Departemen Agama Republik Indonesia dalam hal ini Koordinasi Perguruan Tinggi Islam Swasta (Kopertais) Wilayah I DKI Jakarta, dan 3 (tiga) Fakultas berada dalam bimbingan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah III DKI Jakarta.

Dalam perkembangan selanjutnya, semua fakultas yang berada dalam pembinaan Departemen Agama Islam melebur menjadi satu Fakultas dan berubah nama menjadi Fakultas Agama Islam dengan 4 (empat) program studi (prodi):

  1. Program Studi Bahasa Dan Sastra Arab (Sebelumnya Fakultas Adab)
  2. Program Studi Pendidikan Agama Islam (Sebelumnya Fakultas Tarbiyah)
  3. Program Stufi Al Akhwal Al Syakhshiyah (Sebelumnya Fakultas Syari’ah)
  4. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Sebelumnya Fakultas Ushuluddin)

Sejalan dengan perkembangan di dunia pendidikan pada Tahun Akademik 2003/2004 UNIAT telah membuka Program Pascasarjana (S2) yaitu Magister Pendidikan Islam.

Sejak berdirinya UNIAT hingga saat ini telah menjadi beberapa kali pergantian pimpinan, diantaranya adalah :

  1. Prof. KH. Ibrahim Husen, LML [Tahun 1969 – 1972]
  2. Drs. MH. Syathiry Ahmad [Tahun 1973 – 1984]
  3. KH. Aminuddin Azies [Tahun 1985 – 1985]
  4. Drs. H. Ayub Siregar [Tahun 1986 – 1996]
  5. Drs. H. Alhumam Munzir [Tahun 1996 – 1998]
  6. Prof. H. Zaini Muchtarom, M.A. [Tahun 1998 – 2002]
  7. Dr. HS. Suryani Thaher [Tahun 2002 – 2014]
  8. Prof. Dr. H. Zainuddin Ali, M.A [Tahun 2014 – 2015]
  9. Prof. Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd [Tahun 2015 – Sekarang]

Ada 4 fakultas di UNIAT yang semuanya terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), antara lain:

  1. Fakultas Agama Islam
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ekonomi
  4. Fakultas Teknik
  5. Magister Pendidikan Islam

27 total views, 1 views today

TAG

universitas attahiriyah fakultas hukum, beasiswa universitas islam attahiriyah, ekstensi attahiriyah, fakultas hukum uniat, UNIAT, Kenapa Mahasiswa Program bahasa arab 2016 di uniat masuk malam, universitas uniat itu apa, biaya kuliah universitas islam attahiriyah (uniat), biaya kuliah non reguler uniat, ban pt uniat

Demikian kami sampaikan tentang Universitas Islam Attahiriyah UNIAT semoga informasi tentang Universitas Islam Attahiriyah UNIAT ini bermanfaat.