Universitas Kristen Indonesia UKI

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang Universitas Kristen Indonesia UKI sebagai berikut:

Universitas Kristen Indonesia UKI


UKIUniversitas Kristen Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan di Indonesia yang berada di Jakarta, Indonesia. Sesuai dengan motonya yaitu “Melayani bukan dilayani”, UKI hadir untuk melayani dan mengabdi kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya.

Tidak lama setelah kemerdekaan Republik Indonesia (1945), beberapa tokoh nasional yang juga adalah pemuka-pemuka Kristen Indonesia tergerak dan merasa perlu untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Harapan tersebut baru terlaksana pada tanggal 25 Mei 1950. Di awal kegiatannya, lembaga ini juga telah memberikan perhatian yang cukup besar pada masalah pendidikan, karena ketika itu bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja dalam berbagai aspek kehidupan. Kebutuhan ini bersifat mendesak. [1]

Pemikiran akan inginnya masyarakat Kristen Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam dunia pendidikan, terus berkembang dalam diskusi-diskusi yang terjadi di lembaga ini. Bahkan dipikirkan pula akan perlunya mendirikan sebuah “universiteit”. Atas dasar itulah maka DGI membentuk suatu komisi yang dipimpin oleh Prof. Dr. I.P. Simandjuntak MA. Komisi ini bertugas membuat suatu studi kelayakan untuk mendirikan universitas. Hasilnya dilaporkan kepada DGI. Sebagai tindak lanjutnya, DGI mengeluarkan resolusi mengenai Universiteit Kristen pada tanggal 30 Juni 1953. Resolusi, yang ditandatangani oleh Ds. W.J. Rumambi selaku Sekretaris Umum DGI dalam Sidang lengkap DGI dari tanggal 20 s/d 30 Juni 1953, mengusulkan kepada semua gereja dan masyarakat Kristen di Indonesia untuk membantu sepenuhnya pendirian Universiteit Kristen, baik secara moril maupun materiel. [2]. Beranjak dari resolusi tersebut, maka tokoh-tokoh Kristen Indonesia, yakni Mr. Todung Sutan Gunung Mulia, Mr. Yap Thiam Hien, Benjamin Thomas Philip Sigar, atas nama gereja-gereja yang tergabung dalam DGI, mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia dihadapan notaris Raden Kadiman, dengan nomor akte 117, tertanggal 18 Juli 1953. Anggota Yayasan kemudian diperbesar dengan kehadiran Elviannus Katoppo, Ong Jan Hong MD, Aminudin Pohan MD, Seri Condar Nainggolan MD, Benjamin Prawirohadmodjo, Pdt. Komarlin Tjakraatmadja, Gerrit Siwabessy MD, Tan Tek Heng, dan J.C. Simorangkir. Tiga bulan kemudian, yaitu pada tanggal 15 Oktober 1953, diresmikanlah Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang terdiri dari (a) Fakultas Sastra dan Filsafat dengan sub-sub fakultasnya adalah Pedagogik dan Sastra, dan (b)Fakultas Ekonomi. Ketika itu, perkuliahan dan kegiatan administrasi masih berlangsung di gedung HSK, yang terletak di Jalan Diponegoro 86, dan di 3 buah flat di Jalan Salemba 10. Di dalam perjalanan pengabdiannya, didirikanlah Fakultas Hukum (1956), Fakultas Kedokteran (1962), Fakultas Teknik (1963), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (1995).

Jurusan dan Program Studi

Saat ini FKIP-UKI memiliki enam program studi :

  1. Bimbingan dan Konseling, telah terakreditasi dengan predikat A. Program studi ini mempersiapkan lulusan sarjana pendidikan bimbingan dan konseling yang berkualitas dalam bidang pendidikan bimbingan dan konseling baik secara konvensional maupun dengan bantuan teknologi.
  2. Pendidikan Bahasa Inggris, telah terakreditasi dengan predikat A.Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyajikan tahapan proses belajar bermutu tinggi bagi mahasiswa guna meningkatkan ilmu, kompetensi, motivasi, prilaku dan etos kerja yang baik. Selain itu program ini menyiapkan lulusannya menjadi tenaga professional dibidang pendidikan dan pengajaran serta penelitian yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Para lulusannya akan mampu menguasai bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan, menguasai ilmu ketrampilan mengajar bahasa Inggris, dan dapat merencanakan pengajaran, dan Pembelajaran bahasa Inggris ditingkat TK; SD; SLTP; SMU/SMK, dan pekerja/ PLS.
  3. Pendidikan Agama Kristen, telah terakreditasi oleh Departemen Agama RI. Program ini menyiapkan lulusan sarjana Pendidikan Agama Kristen yang handal dalam bidang pengajaran Agama Kristen.
  4. Pendidikan Matematika, telah terakreditasi dengan predikat A. Program ini menyiapkan lulusan sarjana Pendidikan Matematika yang berkualitas dalambidang pengajaran matematika baik secara konvensional maupun dengan bantuan teknologi.
  5. Pendidikan Biologi, telah terakreditasi dengan predikat B. Mahasiswa yang mengikuti program ini dipersiapkan untuk menjadi sarjana Pendidikan Biologi yang berkualitas dalam bidang pengajaran Biologi.
  6. Pendidikan Bahasa Mandarin, dalam proses akreditasi. Program Studi ini bekerjasama Dengan Fujian Normal University, Beijing, China. Dimana Program Studi ini memiliki kekhususan, yaitu: Dosen-dosen yang mengajar adalah dosen dari Fujian Normal University. Mahasiswa Jurusan Bahasa Mandarin dididik dan dipersiapkan oleh FKIP-UKI untuk menjadi guru bahasa Mandarin. Progam ini berbentuk ”joint-program” antara FKIP-UKI dan Fujian Normal University. Selama 6 semester (3 tahun) pertama mahasiswa belajar di FKIP-UKI dan pada tahun keempat mahasiswa akan memperoleh pendidikan dan pengajaran di Fujian Normal University, Beijing China selama 2 semester, yang kemudian kembali ke Indonesia dan siap menjadi tenaga pengajar bahasa Mandarin di sekolah-sekolah atau instansi yang ada di Indones. [3]

Lama Studi

Mahasiswa FKIP-UKI untuk memperoleh ijazah S-1, diwajibkan menempuh 150 sampai dengan 160 satuan kredit semester (tergantung program studi yang dipilihnya). Jumlah ini dapat diselesaikan dalam jangka waktu 3,5 tahun.

Tenaga Pengajar

FKIP-UKI diasuh oleh tenaga profesional dalam bidangnya. Saat ini pengajar FKIP-UKI berjumlah 40 dosen tetap, yang terdiri dari : 10 orang berkualitas S-3, 10 orang berkualitas S-2, dan 20 orang berkualitas S-1.

Alih Program

FKIP-UKI selain membuka program reguler, juga menawarkan kelas khusus yang dinamakan Alih Program. Perkuliahan untuk program ini diadakan pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Program ini ditujukan bagi para guru – guru atau praktisi pendidikan yang ingin mendapatkan ijasah S-1 bidang kependidikan namun mempunyai waktu yang terbatas. Program ini sangat ideal bagi peserta yang saat ini telah bekerja. Untuk saat ini, kelas alih program yang ditawarkan adalah :

  1. Program Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Program Pendidikan Agama Kristen
  3. Program Pendidikan Matematika
  4. Program Pendidikan Biologi

33 total views, 1 views today

TAG

beasiswa di UKI, beasiswa uki, pendaftaran beasiswa uki jakarta, S3 uki, beasiswa diunversitas uki, beasiswa universitas uki, biaya s2 uki

Demikian kami sampaikan tentang Universitas Kristen Indonesia UKI semoga informasi tentang Universitas Kristen Indonesia UKI ini bermanfaat.