[beasiswa] [INFO] Mengenai Beasiswa Unggulan DIKTI [1 Attachment]

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang [beasiswa] [INFO] Mengenai Beasiswa Unggulan DIKTI [1 Attachment] sebagai berikut:

[beasiswa] [INFO] Mengenai Beasiswa Unggulan DIKTI [1 Attachment]


[Attachment(s) from Lia Hafiyani included below]

Semoga membantu, untuk yg sedang berjuang mengejar Beasiswa Unggulan DIKTI. :) happy
 
Regards, Lia Hafiyani
—– Forwarded Message —–
From: Vegaswarasti Kumala
To: Lia Hafiyani
Sent: Friday, January 20, 2012 12:12 PM
Subject: Re: Butuh Info mengenai apply online beasiswa unggulan

Dear Mbak Lia,
Halo,Mbak Lia. hehehe..maaf, sebelumnya karena manggil dengan nama Ibu, aku kira sudah berstatus dosen. hehehe…
Btw aku juga masih umur 23th, hampir sama dengan mbak lia.
Vega diterima di Ghent University, Belgium jurusan Environmenta Sanitation dan masuk di bulan Sept 2012 (sekitar akhir bulan), tapi Vega diharapkan untuk di Belgia pada awal bulan Sept 2012. Jadi, sebenarnya Vega telah diterima tahun lalu, tapi pada saat itu Vega tidak beruntung untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Belgium. Maka, Vega menulis Letter of Deferred, untuk meminta penangguhan sampai tahun ajaran ini. Alhamdulilah, Vega sudah dapat suratnya juga.
. Kemarin sempat kaget juga, kok pendaftaran BU sudah ditutup en ada pengumuman kepada kandidat yang akan mengikuti tes wawancara. Vega kira bakalan telat nih daftarnya.
 Tapi ternyata tidak begitu. Kemarin sempat tanya ke salah satu dosen, memang ternyata belum dibuka untuk beasiswa unggulan CTAB pada saat ini. kira2 memang pada akhir bulan ini ato February 2012. Wah, semoga aja ya ini Vega berhasil mendaftar dan mendapatkan beasiswa tsb. Vega ini akan email dikti nya juga mengenai kapan pendaftaran beasiswanya.

Email Vega ke mbak lia boleh diforward kok ke milis. hehehe..
Mbak Lia, sekarang kuliah dimana en ambil jurusan apa? Sukses buat Mbak Lia, ya..

with kind regards, Vega Environmental Engineering Faculty of Civil Engineering and Planning Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS) Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111 Environmental Science School of Environmental Planning, and Building (ROB) Saxion University of Applied Sciences P.O. Box 501 7400 AM Deventer email: vegakumala@yahoo.com

From: Lia Hafiyani
To: Vegaswarasti Kumala
Sent: Thursday, January 19, 2012 1:28 PM
Subject: Re: Butuh Info mengenai apply online beasiswa unggulan

Dear Vega,

Aduh jd malu dipanggil ibu, hehe. Sy masih 24 taun loh, Vega.. ;) winking
Salam kenal juga..wah selamat ya sdh diterima di universitas tujuannya. Tentang link daftar BU yg tidak bisa diakses, biasanya seperti itu krn pendaftaran sudah ditutup/belum dibuka lagi. Tetap stay tune di website DIKTI, dan tunggu kabar kapan mrk akan buka pendaftaran BU untuk gelombang berikutnya. Atau bisa juga mengirim pertanyaan di website DIKTI, biasanya akan dijawab dalam 2-3 hari. 
Karena sy juga adalah gelombang pertama penerima BU, sy jg belum tahu pasti bulan berapa biasanya pendaftaran akan dibuka (belum ada contoh sebelumnya). Kalau tidak salah seharusnya di bulan Januari ini atau awal Februari, mudah2an sih sebelum Vega mulai studi. 
Saya juga dulu terkendala sedikit krn batas akhir pendaftaran ulang dan pengumuman penerima BU tidak sinkron. Tapi biasanya kita bisa menyiasati dengan memulai dulu kuliah dengan biaya sendiri (ini bukan kasus saya, sih. tp kayaknya ada yg seperti itu. setelah jadi student, baru daftar BU. resikonya kalau nda diterima BU-nya…). Cara lain adalah melobi pihak universitas tujuan bahwa krn kt sedang menunggu aplikasi beasiswa untuk membiayai, jadi kt minta diundur untuk masa studi berikutnya. Jd LOA-nya hrs diganti/diminta ulang sesuai dgn masa studi berikutnya. Kalau boleh tanya kapan Vega akan mulai kuliah S2-nya?
Mendaftar BU itu yang paling penting ada 3 hal.

  1. LOA – ini yg sulit krn harus usaha sendiri mencari link,  dan ujian masuk dgn usaha sndiri, tapi krn Vega sdh dpt LOA-nya itu bagus sekali.
  2. TOEFL (internasional) >500 atau IELTS (sy lupa standardnya). Ini jg tidak sulit. Yang perlu Vega perhatikan, kalau TOEFL internasional di Indonesia hanya melalui IBT (internet Based Test) yang diselenggarakan oleh ETS, jd tidak bisa dengan TOEFL institusional (ITP) saja. Info lebih lanjut coba buka website ETS. Kalau sdh ada score TOEFL/IELTS yang memenuhi syarat, artinya tdk perlu kuatir lagi. Ingat saja bahwa score-nya belum expired (masa berlaku 2 tahun sejak test).
  3. Rekomendasi dari Universitas/Institusi tempat Vega akan mengabdi nanti. Perlu digarisbawahi klo BU DIKTI itu tujuannya adalah menjaring “calon dosen”, dan bahwa kita akan terikat kontrak dengan pemerintah untuk menjadi dosen setelah lulus studi. Jadi harus ada universitas/institusi yang “merekomendasikan” atau istilahnya mau mempekerjakan kita sebagai dosen setelah kita lulus. Ini jg sedikit “tricky” karena kt harus “melobi” pihak universitas. jadi pastikan bahwa Vega mmg ingin menjadi dosen, dan bahwa Vega bisa menghubungi pihak universitas yg akan merekomendasikan Vega nantinya. Jadi dr univ tsb kt butuh “surat rekomendasi”, yg biasanya ditandatangani oleh Rektor atau diwakili WR I/II, dan dikirimkan langsung oleh pihak kerjasama Universitas ke pihak DIKTI. Universitas pengirim tidak harus univ negeri, bisa saja institusi swasta atau akademi, dan tidak terbatas untuk wilayah tertentu saja, dari seluruh Indonesia pun bisa.
P.S. : Untuk syarat ketiga, biasanya kalau kita tidak punya rekomendasi dari univ tertentu, kt bisa menandatangani surat kontrak dengan pihak DIKTI bahwa kita bersedia mengabdi sebagai dosen di univ manapun yg ditunjuk oleh DIKTI, di seluruh Indonesia. Saya tidak tahu pasti bgmn mekanisme untuk kasus yang ini, mungkin bisa meminta saran dari penerima BU lain. Tp harus siap mental mengabdi di tempat asing. :D big grin
Selain 3 hal tsb, menurut pengalaman saya berkas yang lain tidak terlalu sulit : legalisir ijazah, pasfoto, dll. Ini bisa dibaca lebih lengkap di buku panduan BU (sy attach di email ini ya.., semoga membantu). Yang membuat sy sedikit terkendala dulu adalah ketidaksesuaian waktu mulai studi dengan batas pengumuman, karena saya mendaftar sekitar akhir April, dan pengumuman baru keluar sekitar bulan Oktober. Jadi ada jarak waktu sekitar 6 bulan untuk pengurusan beasiswa, belum lagi untuk menunggu turunnya dana, pembuatan surat kontrak, dan pembuatan visa (krn untuk mengurus VISA kt juga butuh surat jaminan dari DIKTI bahwa mereka akan membiayai studi kita di LN). Dulu saya sedikit melobi professor saya bahwa sy akan tiba sedikit terlambat (sy berangkat sekitar bulan Desember) krn menunggu pengurusan berkas keberangkatan. Jadi ini termasuk hal yg perlu Vega pertimbangkan lagi. :) happy
Semangat ya mengejar beasiswanya.. Kalau ada yg bisa sy bantu lagi silahkan ditanyakan saja. Oiya, klo bisa sy mau memforward e-mail kita ini untuk dipost di milist, siapa tau ada org lain yg punya situasi yang sama dengan Vega, sy harap penjelasan saya bisa sedikit membantu. Dan bisa saja ada penerima BU lain yang bisa memberi tambahan saran untuk Vega.
Sekian dulu ya, selamat berjuang! ~^o^~ cheer
 
Regards, Lia Hafiyani

From: Vegaswarasti Kumala
To: “naif_eslemontea@yahoo.com”
Sent: Thursday, January 19, 2012 10:24 AM
Subject: Butuh Info mengenai apply online beasiswa unggulan

Dear Ibu Lia,


Perkenalkan nama saya Vega. Saya menghubungi Ibu setelah saya membaca milis beasiswa di yahoogroups. Ibu merupakan salah satu penerima beasiswa unggulan DIKTI tahun 2011. Karena itu, saya ingin bertanya kepada ibu perihal prosedur pendaftaran beasiswa tsbt.
Saya telah lulus dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya dan berniat melanjutkan studi S2 di luar negeri. Alhamdulilah, saya sudah berhasil mendapatkan LoA dari universitas  yang saya inginkan. Kemudian, saya mencari sponsor yang dapat membiayai perkuliahan saya, karena biaya S2 di luar negeri tidaklah murah. Lalu, dari akhir tahun lalu, saya mencoba untuk apply beasiswa unggulan (atas info di milis), Namun saya terkendala untuk melakukan pendaftaran.
Saya mengakses www.dikti.go.id lalu dari website tsbt, saya menemukan link beasiswa unggulan –> http://beasiswa.dikti.go.id/bu/. Setelah masuk link tsbt, Saya klik “Daftar”, ternyata link tsbt tidak bisa diakses.

Apakah pada saat Ibu Lia mendaftar beasiswa tsbt awalnya juga mengalami kendala?
Mohon share pengalaman Ibu.
Terima Kasih dan Salam Kenal.
 
with kind regards,
Vega

Environmental Engineering
Faculty of Civil Engineering and Planning
Sepuluh Nopember Institute of Technology (ITS)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111
Environmental Science
School of Environmental Planning, and Building (ROB)
Saxion University of Applied Sciences
P.O. Box 501
7400 AM Deventer
email: vegakumala@yahoo.com


Attachment(s) from Lia Hafiyani

1 of 1 File(s)

__._,_.___

45 total views, 1 views today

Demikian kami sampaikan tentang [beasiswa] [INFO] Mengenai Beasiswa Unggulan DIKTI [1 Attachment] semoga informasi tentang [beasiswa] [INFO] Mengenai Beasiswa Unggulan DIKTI [1 Attachment] ini bermanfaat.