[beasiswa] Re: [butuh info] conversion class psikologi

Berikut ini Universitasswasta.com menyajikan informasi tentang [beasiswa] Re: [butuh info] conversion class psikologi sebagai berikut:

[beasiswa] Re: [butuh info] conversion class psikologi


Halo Mbak Asrini,

Salam kenal, saya Andrian yang saat ini sedang menempuh magister profesi psikologi bidang psikologi klinis di UGM. Saya coba menjawab ya Mbak, tetapi saya akan lebih melihat dari pengalaman saya di bidang psikologi klinis. Mbak Asrini sendiri minatnya di bidang apa?

Saya rasa akan sulit untuk mendapatkan lisensi atau ijin praktik psikolog mengingat S1 Mbak dari non-psikologi. Logikanya, dasar psikologi selama (minimal) 3.5 tahun yang didapat di S1 diperdalam selama S2 profesi, dimana khusus 1 semester (kalau bidang psikologi klinis di UGM) praktik di Puskesmas 3 bulan, RSJ Prof.Dr.Soeroyo Magelang 1 bulan, dan tempat pilihan 1 bulan (Panti Sosial Asuhan Anak/Panti Rehabilitasi Narkoba/Panti Rehabilitasi YAKKUM-difabel).
Di bidang psikologi pendidikan praktik selama 1 semester di lima tempat sekaligus, yaitu TK, SD, SMP, SMA, dan universitas.
Lalu bidang psikologi industri praktiknya di sebuah perusahan selama 1 semester penuh.

Ada seorang yang saya tahu mengambil semacam profesi bidang psikologi klinis di Belanda (S1nya adalah psikologi) dan saat kembali ke Indonesia tidak langsung/otomatis diakui ke-psikolog-an nya tersebut. Hal ini karena psikologi yang sangat erat dengan budaya dan kehidupan orang setempat, yang akan berbeda dari satu tempat (negara) dibanding negara lainnya.

Tapi ya segala sesuatu mungkin saja terjadi, silakan berkonsultasi dengan pengurus HIMPSI terdekat di kota Mbak terkait kepastian hal ini.

Salam,

Andrian Liem (+62 8995084594 | +62 274 6543138)
*Student-Magisterial Profession Psychologist (Clinical)-Univ. Gadjah Mada ’10-’12
*Alumnus-Psychology Faculty-Univ. Sanata Dharma ’06-’10
*Journalist-SwaraNusa.net | Volunteer-PKBI DIY
*Secretary-Youth Interfaith Forum on Sexuality (YIFoS)

HIV-AIDS attacks d body. STIGMA attacks d spirit.
One is caused by a virus. One is caused by ignorance.
BOTH CAN KILL

— In beasiswa@yahoogroups.com, za zhou wrote:
>
> Mbak Joana, saya mau tanya kalau misalnya sudah ambil S2 di luar negeri lalu bagaimana mekanismenya untuk dapat lisensi di Indonesia? Apakah kuliah lagi magister profesi, kerja lapangan, atau dengan cara lain? Saya sebenarnya berminat cari beasiswa S2 ke luar negeri, tapi yang saya pikirkan itu saja. Agak boros biaya & waktu kalau misalnya harus kuliah 2 kali. Terima kasih sebelumnya.
>
>
>
> ________________________________
> From: Kurnia Yohana Yulianti
> To: beasiswa@yahoogroups.com
> Cc: asrinimahdia@…
> Sent: Tuesday, 18 October 2011, 19:54
> Subject: Re: [beasiswa] [butuh info] conversion class psikologi
>
>
>  
> Dear Asrini,
>
> Saya akan coba memberikan informasi berkaitan dengan CC. Mungkin sebaiknya Asrini menanyakan langsung ke Australian Psychological Society (http://www.psychology.org.au/) apakah mereka provide CC atau tidak. Kebetulan saya graduate member-nya the British Psychological Society (BPS), kl yang saya tau, BPS menyelenggarakan CC untuk mereka yang lulusan non-psikologi. 
>
> Untuk mendapatkan lisensi praktek psikolog di Indonesia harus di sah kan oleh Himpunan Psikologi. Di UK sendiri, kalau untuk jadi psikolog/psychologist harus ambil professional training (S3-doctorate programme) dan untuk bisa ambil S3 ini dibutuhkan Graduate Basis for Chartered Membership yang diisu oleh BPS dengan melihat kualifikasi dari student (baik yang lulusan psikologi, maupun non-psikologi yang sudah ikut CC). Program S3 ini bisa diambil setelah S2 atau bahkan langsung dari S1 (tanpa ambil master, asalkan ada pengalaman kerja yang relevan dg subjek yang diambil). 
>
> Namun, setau saya (bisa dikoreksi kl kurang benar), psikolog lulusan UK atau negara di luar Indonesia… belum tentu bisa mendapatkan lisensi psikolog di Indonesia…itu semua tergantung keputusan Himpsi. Mereka yang akan melihat apakah kita memenuhi kriteria sbg psikolog Indonesia atau tidak. Saya sendiri berencana mengambil doctorate programme di UK untuk menjadi chartered psychologist tapi tidak berencana membuka praktek di Indonesia,melainkan akan lebih banyak ke akademik, community development, dan penelitian.  
>
> Kalau boleh tau..rencana mau ambil ambil magister profesi/professional training dimana? Kl di Indonesia, pastikan apakah universitas di Indonesia menerima mahasiswa yang sudah ambil CC di luar negeri untuk ikut magister profesi. Kl di luar negeri, seperti UK, US, atau AU..mungkin masih ada kesempatan untuk ikut professional training menjadi psychologist, tp sebaiknya langsung saja kontak”an dengan mereka.
>
> Semoga membantu.
>
> Best wishes,
> Joana
>
>
> 2011/10/10 Asrini Mahdia
>
>
> > 
> >Hallo semua,
> >saya asrini… basic S1 saya kan ekonomi, dan saat ini sedang mengambil s2 psikologi. tp di indo gak memungkinkan utk dapet lisensi praktek psikolog jika s1 bukan psikologi. krn itu sy mau ambil conversion course di luar yg mana setelah ikut course itu saya bisa dpt lisensi, nah utk ambil CC yang bagus dimana ya, ada gak conversion class psikologi di Australia atau negara di Asia yang agak dekat?
> >selain itu mau tanya untuk cari beasiswa FULL-nya kira-kira bisa dimana saja, dan bagaimana prosedurnya? makasih banyak sebelumnya…
> >
> >regards,
> >
> >asrini
> >
>
>
> —
> Kurnia Yohana Yulianti
>

————————————

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ – ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
beasiswa-digest@yahoogroups.com
beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

49 total views, 1 views today

Demikian kami sampaikan tentang [beasiswa] Re: [butuh info] conversion class psikologi semoga informasi tentang [beasiswa] Re: [butuh info] conversion class psikologi ini bermanfaat.